Harga Batu Akik Pirus

Harga batu akik pirus mencapai jutaan rupiah per butirnya. Batu ini mempunyai riwayat panjang dalam peradaban manusia.  Batu ini adalah kolaborasi antara emas, besi, alumunium dan fosfat tembaga. 

Pendapat lain mengatakan merupakan percampuran antara batu, kapur dan tanah. Sehingga terdapat batu pirus yang terdapat guratan putih. Corak batu pirus sangat beragam motifnya,  tapi yang paling mudah ditemukan adalah motif sarang laba-laba dengan latar belakang warna hijau atau biru.

Warna dasar dari batu pirus ini adalah biru langit, selain itu biru muda sampai dengan yang berawarna hijau muda.  Warna biru ini datang dari alumunium, ferum atau besi dan tembaga. Batu pirus datang dari Semenanjung Persia, seperti Sinai, Afganistan, Israel dan Iran. Sering ditemukan juga di Arizona, New Mexico, California dan Nevada.

Batu pirus ini telah dikenal dan digunakan manusia sejak 7000 tahun silam. Masyarakat Mesir kuno memanfaatkan batu pirus untuk perhiasan jenazah bangsawan kala itu. Sehingga saat dibongkar, makan itu akan terdapat harta berharga berupa batu pirus. Nama lain dari batu pirus adalah tuquoise. 

Kata ini merupakan bahasa Perancis yang memiliki arti batu Turki. Karena memang saat itu banyak yang beranggapan kalau Turki adalah daerah asal batu pirus.  Walaupun bangsa Mesir telah menambang batu pirus di kawasan Sinai sejak 6000 tahun silam.


Batu pirus adalah batu nasional bagi kerajaan Persia atau saat ini bernama negara Iran. Batu mewah ini biasa dimanfaatkan sebagai hiasan mahkota kerajaan, sekaligus atribut bagi petinggi-petinggi negara.  Iran juga telah menambang batu pirus ini sejak 3000 tahun silam. selain indah, batu pirus bisa membantu dalam penyembuhan penyakit, memberikan kekuatan iman dan ketenangan pikiran.




No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.