Batu Akik Yakut / Batu Cincin Zircon Diamond (Zargun)

Kata Zircon merupakan sebuah nama yang berasal dari bahasa Persia, yaitu Zargun yang memiliki arti keemasan. Batu zircon ini juga sering disebut dengan batu Yakut. Sama seperti halnya batu Tourmaline, batu Zamrud, dan juga Batu Aquamarine, batu zircon atau batu yakut ini menempati urutan batu mulia ke-lima karena tingkat kekerasannya yang cukup tinggi, yaitu mencapai nilai 7,5 berdasarkan daftar keras Mohs.

Batu zircon ini warnanya beragam, mulai dari kuning, cokelat, merah, hijau, biru, dan bahkan ada juga yang tidak berwarna atau transparan. Namun sebagian besar dari batu zircon ini tidak tembus cahaya. Nah, jenis batu zircon inilah yang sering digunakan pada perhiasan.

Cincin Mulia Zircon

Batu Cincin Zircon

Zircon Crystal

Zircon Agates

Zircon Diamond
Warna batu zircon akan berubah apabila dipanaskan. Jenis batu zircon yang warnanya biru pucat bernama starlites sedangkan yang warnanya merah kecoklatan disebut dengan hyacinth. Namun yang sering dijual di pasaran saat ini adalah jenis batu zircon atau batu yakut berwarna biru.

Jenis batu zircon yang tidak berwarna disebut dengan intan matura karena batu ini warnanya mirip dengan intan. Bahkan para penjual pun banyak yang tertipu dengan batu zircon jenis ini. Batu zircon banyak di hasilkan di negara-negara Thailand, Srilanka dan Kamboja.

Menurut masyarakat, batu zircon ini dipercaya mampu menjaga hati pemiliknya agar tetap tenang dan mampu mengusir ilmu hitam yang berniat mengganggu pemiliknya.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.