Retakan Menyerupai Serabut Pada Batu Zamrud Asli

Permata atau Batu Mulia Zamrud atau yang juga disebut dengan Batu Emerald atau Smagrad (Bahasa Belanda) ini merupakan jenis batu yang tergolong kepada mineral beryl, sama halnya dengan jenis Batu Aquamarine. Tingkat kekerasan batu ini tergolong cukup tinggi, yaitu antara 7,5-8 berdasarkan skala keras Mohs. Jenis batu mulia zamrud atau emerald dan juga batu aquamarine ini menempati urutan ke-lima setelah batu intan di posisi pertama, corundum, chrysoberyl, dan topaz. Posisi batu zamrud sejajar dengan batu tourmaline.

Warna batu zamrud pada umumnya adalah hijau daun. Yang menyebabkan warnanya menjadi hijau adalah karena keberadaan chromium. Di mana Chromium ini juga menjadi penyebab warna merah pada batu mirah atau batu ruby.

Batu Zamrud Ikatan Titanium

Cincin Zamrud Gagang Suasa

Ciri-Ciri Batu Zamrud Asli

Batu zamrud bersama dengan batu giok adalah batu mulia berwarna hijau yang sangat diminati. Batu zamrud juga terkenal karena keindahan warnanya, kelangkaannya, serta keawetan nya. Pada umumnya pada batu zamrud ini terdapat retakan halus seperti serabut. Namun hal itulah yang membuktikan bahwa batu zamrud tersebut adalah batu asli dan bukan batu sintetis.

Sayangnya karena sangat keras, batu zamrud sangat sulit untuk dipotong. Namun demikian Anda harus tetap menjaga batu zamrud agar tidak terbentur terlampau keras karena ternyata batu zamrud juga sangat mudah berkelumur.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.