Ciri-Ciri Batu Akik Mata Kucing (Chrysoberyl Cat's Eye)

Selain Batu Akik Mata Harimau (Chatoyant), ternyata ada juga jenis batu dengan sebutan mata kucing. Batu ini termasuk sangat bagus dan sangat banyak diminati oleh penggemar batu mulia. Batu mata kucing ini memiliki sinar lurus di tengah batunya dan bisa bergerak ke kanan atau ke kiri. Jika batu ini dilihat dari jauh, maka akan terlihat seperti mata kucing sungguhan.

Di pasaran dunia, batu mata kucing ini menduduki peringkat pertama menjadi penjualan batu yang paling laris. Batu mata kucing ini terbentuk karena zat asam yang membeku dan terbentuk dari sifat air yang mengandung sulfur perekat tinggi.

Contoh Batu Akik Mata Kucing

Bentuk Batu Mata Kucing

Ciri-Ciri Batu Cat Eye

Khasiat Batu Cat Eyes

Cat's Eye Gemstone Agates Example

Di Indonesia, batu mata kucing ini disebut dalam berbagai macam nama seperti Batu Biduri Pandang Wulung, Benang Sebelas, Intan Tetulas Kendit Dunyo, dan sebagainya. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati agar jangan sampai salah dan tertipu. Terkadang ada orang yang menjual batu mata harimau berwarna madu sebagai batu mata kucing.

Apabila batu ini kotor, Anda bisa membersihkan batu ini dengan air sabun dan air hangat menggunakan gosokan-gosokan yang lembut. Mengapa harus lembut? Batu ini merupakan batu yang harganya sangat mahal, karena kadar kekerasannya pun mencapai nilai 8 skala Mohs.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.