Batu Kuarsa Kristal / Akik Jasper Dari Tasikmalaya

Batu Jasper Kuarsa Kristal
Batu Akik Jasper merupakan salah satu batu mulia yang termasuk kedalam kelompok Batu Crystal Quartz atau Jenis Batu Kuarsa Kristal. Batu jasper ini biasanya berwarna merah, cokelat, kuning, hujau, atau hitam. Sebagian dari jenis batu jasper ini mengandung unsur besi, maka dari itu terkadang batu jasper bisa menempel pada magnet. Ada berbagai macam jenis batu jasper, diantaranya adalah Batu Pirit, Galena, Tembaga, dan lain-lain sebagainya.

Menurut sejarahnya, batu jasper ini pernah ditemukan dalam ukuran yang sangat besar. Ukuran batu yang pernah ditemukan tersebut mencapai tinggi 5 meter. Anda tahu berapa beratnya? Berat batu jasper setinggi 5 meter tersebut diperkirakan lebih dari 50 ton. Luar, biasa bukan? Ukuran batu jasper dengan ukuran raksasa seperti ini dengan jumlah yang banyak menjadi salah satu fenomena alam yang sangat luar biasa dan tidak ada tandingannya.

Di Indonesia sendiri, lokasi pertambangan batu jasper ini terdapat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Nah, bagi Anda yang ingin melihat langsung bagaimana proses penambangannya, bisa langsung datang ke lokasinya. Batu jasper ini merupakan salah satu batu yang sangat keras. Nilai kadar kekerasan batu jasper ini mencapai angka 7 menurut skala mohs.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.