Motif Batu Akik Seperti Mata Harimau (Chatoyant)

Batu Mata Harimau atau dikenal dengan nama Chatoyant, cukup populer dikalangan pecinta batu mulia & batu permata. Sebab batu ini ditenggarai mampu memantulkan sinar atau cahaya yang cukup beragam.

Biasanya batu mata harimau ini memiliki warna kuning bercampur hitam. Namun ada juga yang berwarna merah tua dan berkilau seperti emas dengan garis-garis seperti kulit harimau. Warna garis ini pun berbeda-beda, ada yang berwarna kuning muda atau yang dikenal dengan nama mata harimau, dan ada juga yang berwarna putih atau yang dikenal dengan Batu Mata Garuda. Warna batu ini mula-mula adalah biru, namun teroksidasi dan akhirnya menjadi cokelat keemasan.

Pantulan beragam warna yang muncul dari batu ini diakibatkan oleh lapisan serat yang berjumlah banyak dan sangat tipis sehingga cahaya-cahaya yang masuk dipantulkan oleh lapisan yang berbeda pula. Batu mata harimau ini termasuk dalam kategori batu quartz atau kuarsa. Batu ini pun memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Kadar kekerasan batu ini mencapai angka 7 dalam skala Mohs.

Jika anda  tertarik untuk memiliki jenis batu ini, anda harus berhati-hati terhadap pemalsuan batu mata harimau yang biasanya dibuat dari fiber optic glass yang diakali dengan berbagai macam warna. Adapun kegunaan atau manfaat dari batu ini diantaranya mampu mencegah kecanduan alkohol, tembakau dan zat-zat yang menimbulkan kecanduan lainnya, dan bagus juga untuk kesehatan mata Anda.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.