Harga Batu Akik Halmahera

Harga batu akik halmahera bisa mencapai jutaan rupiah. Terutama jenis bacan sedang menjadi tren di kalangan pecinta batu mulia.  Sesuai namanya batu itu berasal dari Pulau Bacan yang berada di Halmahera Selatan, Maluku Utara.  Keunikan dan keindahan yang dimiliki batu akik ini menjadikan batu mulia ini semakin populer dan harganya melonjak tajam.

Keunikan terlihat saat batu akik ini warnanya akan semakin terang, dikarenakan proses silisifikasi atau keristalisasi yang terjadi dengan alami. Semakin bening warnanya, maka dipercaya batu akik ini bisa mendatangkan rezeki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Hal ini yang menjadikan batu mulia tersebut menjadi buruan banyak pecinta batu akik.

Bahkan batu ini mendapatkan julukan sebagai batu hidup, karena warnanya bisa berubah dari berwarna gelap menjadi lebih terang secara alami. Batu bacan sendiri memiliki banyak jenis, seperti bacan palamea, bacan doko dan bacan obi. Pembeda ketiga jenis batu bacan ini terletak pada warnanya. Kalau warnanya kehijauan, berarti termasuk batu bacan doko. Kalau warnanya kebiruan termasuk kategori batu bacan palamea dan jika warnanya merah, maka masuk kategori batu bacan obi.

Batu itu memang memiliki ciri khas dengan berubah warna dari buram menjadi terlihat lebih bening. Semakin bening tampilannnya, maka harga batu akik itu bisa semakin mahal. Jadi jangan heran kalau harganya bisa sangat selangit, apalagi kalau batu akik itu sedang langka atau sulit ditemukan. Pada umumnya harga 3 krat batu akik itu mencapai 2 juta rupiah, sedangkan yang berukuran 50 krat harganya mencapai 15 jutaan rupiah.


Harga bacan palamea yang beratnya hanya 7 ons, tapi berkualitas super kristal harganya bisa mencapai 700 juta rupiah. Harga batu ini sama saja dengan harga rumah mewah di kawasan pinggiran kota besar.  Kenapa harganya bisa sangat tinggi? Karena tidak hanya keunikan batu itu saja yang menjadikannya sangat mahal, tapi juga karena batu akik ini sudah sangat populer hingga ke luar negeri. China, Taiwan dan sebagainya adalah negara yang sangat menyukai batu mulia ini.




No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.