Harga Batu Akik Fire Opal

Harga batu akik fire opal dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Keindahan dan keunikannya menjadikan batu akik fire opal menjadi batu mulia yang sedang digandrungi kalangan pecinta batu akik. Kabupaten Wonogiri menyimpan banyak kawasan tambang batu fire opal berkualitas tinggi. Keunikan dari batu fire opal adalah bisa memantulkan sekaligus membiaskan cahaya. Dengan begitu nampak mirip seperti nyala api. Dari keunikan ini kenapa batu tersebut dinamakan fire opal.

Sebagian besar batu fire opal memiliki warna oranye.  Tapi ada juga yang memiliki warna kehijauan, kebiruan dan merah. Dominasi warna ini sekilas mirip dengan batu red baron, tapi kejernihan warnanya masih kalah dengan batu fire opal. 

Batu akik fire opal dibanderol dengan harga relatif tinggi, dikarenakan keberadaan batu mulia ini juga sangat jarang. Sebelum diproses menjadi batu akik dan sebagainya saja, batu bongkahannya dihargai hingga 5 juta rupiah per kilogramnya. Paling murah harga bongkahan batu fire opal ini adalah 2,5 juta rupiah per kilogramnya.

Tambang batu fire opal ini terdapat di tengah-tengah hutan. Untuk menemukannya tidak mudah, karena tidak selamanya berada di permukaan. Penambang terkadang harus menggali tanah sedalam sembilan meter untuk bisa menemukan bongkahan batu fire opal tersebut. 

Biasanya perajin batu akik ini akan datang sendiri ke lokasi tambang, agar bisa mendapatkan batu fire opal yang berkualitas. Karena kalau penambang sendiri yang mengantarkan bongkahan batunya, biasanya kualitas batu tersebut tidak sesuai dengan keinginan.

Dengan cara itu maka perajin batu akik bisa mendapatkan bahan berupa bongkahan batu terbaik. Yang bisa diolah untuk mendapatkan batu fire opal yang indah dan berkualitas. Untuk mendapatkan batu akik ini, Anda bisa mendatangi perajin langsung di kawasan Wonogiri atau mencarinya di dekat kota Anda dan berburunya di berbagai toko online.







No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.