Harga Batu Akik Carnelian

Harga batu akik carnelian secara umum mencapai jutaan rupiah per satuannya. Nama batu akik ini ‘carnelian’ merupakan bahasa latin yaitu caro carnis yang bermakna melebar. Arti melebar ini berhubungan erat dengan warna batu carnelian yang seringkali berubah-ubah dengan sendirinya. Perubahan warna ini terjadi kalau dijumpai lebih dari sewarna di dalam batu itu.

Terdapat dua jenis batu akik ini, yakni carnelian sard dan murni carnelian. Pembeda dari dua jenis batu akik ini adalah kepadatan dan tingkat kekerasannya. Kalau carnelian murni termasuk batu yang rapuh, tapi kalau carneliar sard sangat padat dan keras. Hal ini dikarenakan kandungan zat besinya terbilang sangat besar di dalamnya. Sehingga carnelian sard memiliki keunggulan khusus ketimbang jenis lainnya.

Batu akik carnelian dijumpai dengan warna yang bervariasi, seperti warna coklat, merah dan oranye atau gabungan ketiga warna tersebut.  Sejak  2000 tahun silam, bangsa Mesir sudah familiar batu carnelian ini. Kala itu mereka menggunakannya sebagai alat stempel dan pertanda khusus di amplop yang berisi dokumen kerajaan. Seiring waktu terjadi perkembangan fungsi batu carnelian.  Kala itu batu carnelian ini sudah menjadi varian perhiasan cantik yang dijual secara luas.

Pada era Yunani, kejayaan batu carnelian sebagai perhiasan mencapai puncaknya . Kala itu batu carnelian ini juga telah dipercaya mempunyai sejumlah kelebihan lainnya dari sekedar perhiasan. Manfaatnya adalah bisa membantu proses pengobatan penyakit yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang.  

Batu ini juga dipercaya bisa memberikan perlindungan dan kekuatan, memberikan kenyamanan dan memberikan keberuntungan. Kelebihan lain dari batu carnelian yang terakhir dikenal publik adalah di tahun 1800. Batu ini dipercaya juga bisa menambah gairah seksual.






No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.