Batu Lapis Lazuli - Mikro Kristal dari Mineral Lazurite

Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang Batu Lapis Sardoniks, maka pada artikel kali ini kita akan mengulas secara singkat tentang jenis Batu Lapis Lazuli. Apa itu batu lapis lazuli? Jenis batu ini merupakan batu mikro-kristal yang terdiri dari mineral lazulite, alumunium, sodiu dan jug pyrite. Oleh karena batu lapis lazuli terdiri dari beberapa mineral, jenis batu ini memang dianggap sebagai “batu” ketimbang disebut dengan mineral.
Batu Cincin Lapis Lazuli

Batu Permata Lapis Lazuli
Batu lapis lazuli tidaklah terlalu keras. Tingkat kekerasannya menurut skala mohs adalah antara 5-5,5. Maka dari itu, batu ini sangat mudah tergores apabila terbentur benda-benda yang kasar atau tajam. Bahkan larutan pelindung batu lapis lazuli bisa terkikis sedikit demi sedikit apabila terkena air.

Batu ini memiliki warna biru, namun juga sering dicat untuk lebih menguatkan warnanya. Anda harus tetap berhati-hati, karena batu ini cukup sering dipalsukan dengan jenis batu jasper yang dicat. Batu ini juga dikenal cukup berbahaya untuk paru-paru apabila pengukir batu lapis lazuli ini tidak menggunakan pelindung ketika bekerja, karena zat silica akan membahayakan paru-paru.

Manfaat atau kegunaan dari batu lapis lazuli antara lain adalah mampu membawa hoki atau keberuntungan bagi pemilikinya, bisa menyembuhkan penyakit cacar apabila dijadikan kalung. Oleh masyarakat Roma batu ini dipercaya sebagai obat perangsang. Selain itu bisa juga meningkatkan rasa percaya diri.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.