Popularitas Batu Cincin Lumut Sungai Dareh

Lumut Sungai Dareh
Lumut Sungai Dareh - Menjadi favorit & menjadi incaran, itu lah yang sedang dialami oleh jenis batu akik yang satu ini. Dikenakan oleh seorang publik figur seperti Presiden Amerika Serikat Barack Oba­ma, keberadaan batu yang diberi nama Lumut Sungai Dareh ini semakin hari makin populer di kalangan para pecinta batu akik / batu mulia yang konon katanya batu ini berasal dari daerah Kabupaten / Kota Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Sebenarnya semenjak 50 tahun lalu batu ini telah beredar di pasaran. Namun, dalam lima tahun terakhir, namanya terus naik daun sehingga harga batu yang berasal dari Batanghari itu melambung naik, mengingat tingginya permintaan mulai dari kalangan ma­syarakat biasa, pengusaha, pejabat daerah, pejabat pusat, para politisi dan lainnya.

Terus melejitnya kepopuleran batu lumut Sungai Dareh ini juga tak terlepas dari gencarnya promosi yang dilaksanakan Pemkab Dhar­masraya. Promosi itu dila­kukan melalui pemberian cendera mata kepada tamu-tamu, mulai tamu dari lingkungan Sumbar, provinsi lain dan tamu-tamu dari pemerintah pusat dan mem­promo­sikannya melalui berbagai Pameran & Budaya.

Ditambah lagi karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Mendagri Gamawan Fauzi akhir-akhir ini turut memakai Batu Lumut Sungai Dareh ini di jari mereka sehingga permintaan masyarakat di pasaran naik drastis.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.