Harga Batu Akik Bacan Doko

Harga batu akik bacan doko mencapai jutaan rupiah per bijinya. Batu bacan dipercaya memiliki nyawa, jadi seakan-akan batu ini hidup. Hal ini terlihat pada perubahan warna yang bisa terjadi dari masa ke masa.  Mineral serat yang terkandung di dalamnya bisa berubah semakin mengkristal dan murni. Batu bacan ini memiliki harga yang tinggi, karena memang sangat istimewa dan langka atau sulit didapatkan. Kawasan tambang batu ini sangat terpencil yang berada di Kepulauan Maluku.

Penambangan batu akik ini memakan waktu yang relatif lama, karena harus menggali tanah dengan kedalaman tertentu. Agar ditemukan bongkahan batu mulia yang banyak digunakan oleh suku bacan. Nama ‘bacan’ berasal dari nama sebuah pulau yang bernama bacan. Posisi pulau ini adalah di sisi timur pulau Kasiruta. Selain batu bacan doko, Anda juga bisa menemukan jenis lainnya adalah batu bacan palamea.

Perbedaan keduanya terlihat pada warna yang ditampilkan. Batu bacan doko sebagian besar berwarna adalah hijau gelap. Sedangkan jenis bacan palamea warnanya hijau kebiruan. Namun yang paling banyak dicari adalah jenis bacan doko. Karena manfaat yang diberikan dirasa lebih besar. Batu bacan doko yang didekatkan pada perhiasan emas, maka lama kelamaan butiran emas berada di dalam batu bacan doko tersebut. Jadi seakan emas tadi terserap ke dalamnya.


 Kehebatannya ini menjadikan penggemarnya rela membayar berapa saja asal bisa memiliki batu bacan doko tersebut. Kolektor tidak hanya datang dari Indonesia saja, tapi juga berasal dari Eropa, Arab, Cina dan sebagainya. I tanah air batu bacan doko ini baru naik daun sejak 2005 silam. 

Popularitasnya semakin menanjak saat ini. Banyak orang berlomba mendapatknnya untuk melengkapi koleksi pribadinya, mendapatkan khasiatnya atau untuk menjualnya kembali.




No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.