Batu Permata Kalsedon (Chalcedony) Asal Pacitan

Batu mulia Kalsedon / chalcedony merupakan bentuk kriptokristalin yang terbentuk dari silika. Batu ini terdiri dari mineral kuarsa dan juga mineral mognait yang saling bertumpukan. Mineral kuarsa dan juga mognait ini juga termasuk dalam jenis mineral silika, namun mineral kuarsa memiliki struktur yang trigonal. Berbeda dengan mognait yang sifatnya monoklinik. Chalcedony memiliki unsur kimia SiO2.

Chalcedony ini berasal dari bahasa Latin, yaitu chalcedonius. Istilah ini pertama kali dipublikasikan pada karya Pliny the Elder, “Naturalis Historia” yang digunakan untuk menyebut batu jenis jaspis yang tidak memiliki warna. Mengapa dinamakan chalcedony? Nama ini kemungkinan diangkat karena terinspirasi dari satu nama kota Chalcedon yang ada di Asia Kecil.

Struktur dari batu ini dahulu diketahui berserat atau yang disebut dengan kriptokristalin kuarsa. Namun belakangan diketahui bahwa jenis batuan chalcedony ini bersifat polimorf karena di dalam batu tersebut mengandung moganit.

Batu chalcedony ini sifatnya lebih mudah larut pada suhu yang rendah ketimbang kuarsa. Hal ini mungkin disebabkan karena chalcedony lebih halus yang membuat luas permukaan dan volumenya lebih tinggi karena keberadaan kandungan moganit di dalam chalcedony.

Satu-satunya daerah di Indonesia yang diketahui memiliki sumber daya alam jenis batu mulia kalsedon ini adalah kabupaten Pacitan yang terletak di Provinsi Jawa Timur.
Batu Red Baron Asal Pacitan

Batu Akik Darah

Batu Permata Kalsedon

Batu Akik Keladen

Batu Mulia Chalcedony

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.