Akik Lunyuk - Batu Cincin Lokal Asal Sumbawa

Berasal dari nama daerah itu sendiri, yaitu daerah Lunyuk di Pulau Sumbawa yang telah melahirkan banyak pesona bagi para pecinta batu akik. Seperti halnya daerah Maluku dengan Batu Bacan yang harganya yang meroket kemudian di Sumbawa muncul dengan nama Batu Akik Lunyuk atau sering disebut dengan balun. Balun memiliki tempat spesial di para pecinta dan kolektor batu akik karena memiliki jenis yang beraneka ragam serta harganya yang belum meroket sepert batu bacan.
Cincin Akik Lunyuk

Batu Akik Balun Asal Pulau Sumbawa
Mengenai manfaat yang diberikan batu lunyuk sebenarnya tidak semistis dan semagis yang dimiliki oleh batu lainnya, namun beberapa masyarakat serta pecinta balun ini percara bahwa kekuatan magis terdapat di dalamnya karena memiliki penunggu atau khodam. Salah satu daya magis dari akik ini antara lain dapat membuat si pemakai merasa percaya diri sehingga berwibawa, terpandang, dan juga memudahkan dalam berbagai urusan termasuk bisnis. Selain itu juga batu asal sumbawa ini bisa digunakan sebagai penyakit dan kegunaannya hampir sama dengan kecubung air dan pirus.

Batu lunyuk memiliki ragam yang bervariasi seperti dari segi warna ataupun degradasi warnanya. Dari bentuk fisik terlihat memang berbeda-beda namun tetap itu adalah batu asal sumbawa yang mulai mencuat di tanah Sumbawa yang menjadikan masyarakarnya beralih profesi pencari balun serta kolektor balun ditemukan dimana-mana. Selain itu harga yang masih relatif murah membuat para kolektor berbondong-bondong untuk membelinya karena takut harga menjadi selangit seperti batu bacan.

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.